Infusion Pump

23/04/2009

Infusion Pump

Infusion pump adalah peralatan medik yang digunakan untuk mengontrol pemberian cairan infus secara elektronik. Cairan infus berupa zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh, cairan tersebut diberikan karena tubuh kekurangan zat-zat tersebut.Dengan kondisi pasien yang sangat lemah, maka cairan infus tersebut diberikan melalui kulit. Jarum penyalur cairan infus ditusuk pada kulit, kemudian botol penampung cairan akan mengalirkan cairan tersebut sesuai kebutuhan.

Pemberian infus paling sederhana adalah secara manual, yaitu pemberian cairan yang dikontrol oleh operator dari mulai awal sampai selesai. Hal yang diatur oleh pasien tersebut meliputi berapa jumlah tetesan atau berapa jumlah mililiter cairan yang harus diberikan. Dengan kondisi secara manual akan membutuhkan perhatian operator secara serius karena kemungkinan terjadinya kesalahan akan besar. Kesalahan tersebut berupa:

– Jumlah tetesan yang tidak sesuai.

– Waktu pemberian infus yang tidak sesuai.

Pada dasarnya semua kesalahan tersebut merupakan kecerobohan/ketidaktelitian dari operator. Untuk menghindari terjadinya kesalahan tersebut maka dikembangkan suatu peralatan infusion pump. Dengan menggunakan peralatan ini semua kontrol dilakukan secara otomatis secara elektronik sehingga akan meringankan tugas dari operator sehingga memperkecil terjadinya kesalahan. Setting yang diberikan pada peralatan infusion pump meliputi :

– Flow (ml/hr) yaitu kecepatan aliran.

– Volume (ml) yaitu jumlah volume pada botol cairan infus.

Untuk menjaga keakuratan data dan operasi maka parameter-parameter tersebut perlu dilakukan kalibrasi.

Jenis Infusion Pump

Jenis pemberian infus dibagi menjadi dua macam, yaitu:

X Secara manual

X Secara otomatis

1. Konstruksi dari infusion secara manual terdiri dari :

X Botol penampung cairan

X Slang penghubung ke pasien

X Pengatur Laju aliran

X Jarum penusuk ke kulit pasien.

Untuk mengatur laju aliran cairan infus ke pasien dengan cara memperkuat / memperlemah tekanan antara slang dan roda pengatur pada bagian kontrol laju aliran. Semakin kuat tekanan antara slang dan roda pengatur aliran maka semakin kecil laju aliran air dan semakin lemah tekanan antara slang dan roda pengatur maka semakin cepat laju aliran.

2. Konstruksi dari infusion secara otomatis terdiri dari:

X Botol penampung cairan

X Slang penghubung ke pasien

X Infusion Pump

X Jarum penusuk ke kulit pasien

Gambar.Infusion pump secara otomatis

Infus secara otomatis pada intinya adalah pengaturan laju alirannya.Bagian penting pada rangkaian infusion pump adalah :

X Kontroller

X Sensor flow

Kontroller adalah semua bagian elektronik yang mengatur semua setting dari flow rate, volume. Sensor flow berfungsi untuk mendeteksi laju aliran yang diberikan ke pasien. Rangkaian kontroller merupakan pusat dari seluruh kerja dari infusion pump. Setting infusion pump terdiri dari flow rate, volume diberikan ke kontroller melalui rangkaian input key, setting ini berupa nilai logic biner. Input sensor flow dan output sinyal ke motor drive adalah berupa pulsa. Motor secara otomatis akan menekan slang pada dinding sehingga laju aliran akan cepat atau lambat tergantung settingan yang diberikan. Setelah seluruh setting telah diberikan, infusion pump siap untuk distart.Setelah menerima sinyal, kontroller akan mengirim pulsa ke motor drive sehingga motor bekerja. Sensor akan mendeteksi tetesan dari botol infus dan mengirim sinyal kembali ke motor drive. Kondisi tersebut akan berulang terus sehingga cairan infus akan menetes sesuai dengan setting flow rate. Apabila sensor flow tidak mendeteksi adanya cairan maka kontroller akan mengirim sinyal alarm occlusion yang berarti cairan infus telah habis atau slang tersumbat sehingga tidak ada aliran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: